Siapa Peduli MDGs 2015 : Tes Evaluasi Perencanaan Program

MDGs atau Millinium Development Goals yang telah ditetapkan PBB  diawal tahun 2000 telah dijanjikan akan tercapai pada tahun 2015. Semua negara termasuk Indonesia telah berkomitmen untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan global ini. Namun siapa sebenarnya yang benar-benar perduli dengan target capaian dan perubahan masyarakat yang ditetapkan dalam MDGs.

6 tim mahasiswa Sosiologi UMM yang sedang mempelajari perencanaan dan ealuasi program melakuan penelitian di Kota Batu untuk membuktikan sejauh mana pemerintah dan masyarakat kota ini telah perduli dengan capaian MDGs. Tujuan riset ini adalah menelusuri komitmen pemerintah kota yang dituangkan dalam program kerjanya (RKPD) dan dampak yang dirasakan masyarakat terhadap bidang Pengentasan kemiskinan, Pendidikan universal, kesehatan anak, penanganan HIV AIDS, Kesetaraan Gender, Pelestarian lingkungan.

Kompetensi mahasiswa yang bekerja dalam 6 kelompok kerja akan divalidasi dalam projek ini pada hari minggu tanggal 12 Juni 2011 mulai jam 15.00 sampai jam 16.00 tempat di Masjid Kampus UMM. Setiap mahasiswa wajib membawa working papaer yang terdiri dari: bahan kuliah, copi telaah buku Perencanaan Sosial, laporan penelitian, Program pelayanan sosial propinsi Jatim. Mahasiswa hanya dapat mengikuti ujian bila telah menyerahkan working paper lengkap dan mampu menjawab pasword. Kehadiran mahasiswa dibawah 75% akan diperhitungkan.